PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, TAKTIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN

PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, TAKTIK, DAN  MODEL PEMBELAJARAN

Sahabat dalam Pembelajaran kita sering mendengar kata Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik Dan Model, Jadi apa itu semua? apakah semua itu mempunyai perbedaan? oke kita langsung saja baca.
  • PENGERTIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
       Pendekatan Pembelajaran: dapat diartikan sebagai titik  tolak  atau  sudut  pandang  kita  terhadapproses pembelajaran,  yang  merujuk  pada  pandangan  tentang terjadinya  suatu  proses  yang  sifatnya  masih  sangat umum,  di  dalamnya  mewadahi,  menginsiprasi, menguatkan,  dan  melatari  metode  pembelajaran  dengan cakupan  teoretis  tertentu.  Dilihat  dari  pendekatannya,
terdapat dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu:
  1. pendekatan  pembelajaran  yang  berorientasi  atau berpusat  pada siswa (student centered approach) dan
  2. pendekatan  pembelajaran  yang  berorientasi  atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
  • PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi  pembelajaran  adalah  suatu  kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  secara  efektif  dan efisien. Artinya,  bahwa  strategi  pada  dasarnya  masih bersifat  konseptual  tentang  keputusan-keputusan  yang akan  diambil  dalam  suatu  pelaksanaan  pembelajaran.
Dilihat  dari  strateginya,  pembelajaran  dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:
1.  exposition- discovery learning dan
2.  group-individual learning. 

Ditinjau  dari  cara  penyajian  dan  cara pengolahannya,  strategi  pembelajaran  dapat  dibedakan antara  strategi  pembelajaran  induktif  dan  strategi pembelajaran  deduktif. Contoh  dari strategi pembelajaran adalah  strategi  cooperative  learning  dan  strategi  active learning .

  • PENGERTIAN METODE PEMBELAJARAN
Metode  Pembelajaran:  dapat  diartikan  sebagai cara  yang  digunakan  untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan  praktis  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran.
Terdapat  beberapa  metode  pembelajaran  yang  dapat digunakan  untuk  mengimplementasikan  strategi pembelajaran, diantaranya:
  1. Ceramah
  2. Demonstrasi
  3. Diskusi
  4. Simulasi
  5. Laboratorium
  6. Debat, dll
Dapat  pula  dikatakan  bahwa  metode  adalah prosedur  pembelajaran  yang  difokuskan  ke  pencapaian tujuan.
  • TEKNIK PEMBELAJARAN
Selanjutnya  metode  pembelajaran  dijabarkan  ke dalam  teknik  dan  gaya  pembelajaran.  Dengan  demikian, teknik  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  cara  yang dilakukan  seseorang  dalam  mengimplementasikan  suatu metode  secara  spesifik.  Misalkan,  penggunaan  metode ceramah  pada  kelas  dengan  jumlah  siswa  yang  relatif banyak  membutuhkan  teknik  tersendiri,  yang  tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah  pada  kelas  yang  jumlah  siswanya  terbatas.
Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong  aktif  dengan  kelas  yang  siswanya  tergolong pasif. Dalam hal ini,  guru  pun dapat  berganti -ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
  • TAKTIK PEMBELAJARAN
Sementara  taktik  pembelajaran  merupakan  gaya seseorang  dalam  melaksanakan  metode  atau  teknik pembelajaran  tertentu  yang  sifatnya  individual.  Misalkan, terdapat  dua  orang  sama-sama  menggunakan  metode ceramah,  tetapi  mungkin  akan  sangat  berbeda  dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung  banyak  diselingi  dengan  humor  karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi.
  • PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN
Model  pembelajaran:   pada  dasarnya  merupakan bentuk  pembelajaran  yang  tergambar  dari  awal  sampai akhir yang disajikan secara khas oleh  guru. Dengan kata lain,  model  pembelajaran  merupakan  bungkus  atau bingkai  dari  penerapan  suatu  pendekatan,  metode,  dan teknik  pembelajaran.  Berkenaan  dengan  model pembelajaran,   mengetengahkan  4  (empat)  kelompok model pembelajaran, antara lain:
1.  model interaksi sosial;
2.  model pengolahan informasi;
3.  model personal-humanistik; dan
4.  model modifikasi tingkah laku.
Kendati  demikian,  seringkali  penggunaan  istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan  dengan strategi pembelajaran.