Pada Kesempatan ini kami akan berbagi data tentang Pedoman Dasar untuk Menyusun Sebuah Kurikulum Berbasis KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Sebelum membagikan hand out pedoman dasar Penyusunan Kurikulum 2006/KTSP, ada baiknya jika menyimak penjelasan tentang KTSP.
Definisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional dan tuntutan global dengan semangat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
Apa itu Semangat MBS?
SEMANGAT MBS yaitu:
- MBS sebagai bentuk otonomi sekolah memotivasi guru untuk mengubah paradigma sebagai “curriculum user" menjadi "curriculum developer".
- Guru mampu keluar dari kultur kerja konvensional menjadi kultur kerja kontemporer yang dinamis.
- Guru mampu memainkan peran sebagai "agent of change"
PRINSIP PENGEMBANGAN KTSP
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Belajar sepanjang hayat
- Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Adapun Penjelasan mendetail tentang KTSP dan Pedoman Dasar Penyusunan Kurikulum KTSP dapat anda lihat dibawah.
Buku Pedoman Kurikulum 2006 / KTSP
Untuk mendapatkan filenya, Silahkan Download disini