Perangkat Pembelajaran Semester Genap IPS Terpadu SMP/MTs Kelas 7 dan 8

Peran guru dalam melakukan pembelajaran dikelas sangatlah penting basi siswanya dikarenakan sebagai motifator dan pengatur jalannya KBM di madrasah, untuk itu agar kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan harus lebih dioptimalkan. Menurut Suhadi, (2007:24) mengemukakan bahwa “Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.”

Suparno (2002) mengemukakan sebelum guru mengajar (tahap persiapan) seorang guru diharapkan mempersiapkan bahan yang mau diajarkan, mempersiapkan alat-alat peraga/parktikum yang akan digunakan, mempersiapkan pertanyaan dan arahan untuk memancing siswa aktif belajar, mempelajari keadaan siswa, mengerti kelemahan dan kelebihan siswa, serta mempelajari pengetahuan awal siswa, kesemuanya ini akan terurai pelaksanaannya di dalam perangkat pembelajaran. Dari sedikit penjelasan diatas bisa kita mengambil kesimpulan bahwa pembuatan perangkat pembelajaran sangatlah penting agar penyampaian materi yang ada dalam Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dapat disampaiakan secara penuh dalam Program semester yang telah direncanakan. Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu yang ada dalam kurikulum banyak siswa yang merasa lemah dan malas dikarenakan materi yang diajarkan terlalu banyak dan tidak menarik, hal itu merupakan perlu ada solusi yang sangat tepat untuk mengurangi kejenuhan siswa untuk itulah kesiapan guru dalam membuat perangkat pembelajaran dan media pembelajaran haruslah tepat dikarenakan materi tersebut merupakan sangatlah erat bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari.

Hal yang sangat penting lainnya adalah pembuatan media pembelajaran bagi seorang guru, dikarenakan sebagai media pembantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan dapat mendorong ide-ide kreatif seorang siswa setelah mendapatkan materi pembelajaran. Bagi para pembaca yang ingin mendapatkan perangkat pembelajaran IPS terpadu Semester Genap TP 2014/2015 selengkapnya dibawah ini ;

Kelas 7 

Kelas 8