Rangkuman Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0

Panduan  singkat  ini  menjelaskan  tahapan  mengoperasikan  aplikasi  dapodikdas  secara  garis  besar,
untuk  lebih  detil  dan  lengkap  baca  manual  aplikasi  dapodik  versi  4.0.0.  Tahapan  ini  dibuat  untuk
memandu dan memudahkan operator sekolah dalam mengupdate data di tahun ajaran 2015-2016
dari data awal tahun ajaran sebelumnya.

Diagram alir tahapan:

Diagram alir tahapan
Ketentuan awal :
1.  Kode registrasi masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini
     bersifat rahasia, unik dan tidak diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
2.  Jika koderegistrasi ini bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAK
     BERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan setempat untuk dilakukan reset ulang
     koderegistrasi. Dampak dari reset koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari
     koderegistrasi lama.
3.  Sebelum insstal versi 4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
4.  Prosedur instalasi dan generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
5.  Pastikan 1 sekolah hanya terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer dapat digunakan lebih
     dari 1 sekolah dengan menggunakan kode registrasi yang berbeda (mengakomodir sekolah
     yang tidak memiliki computer).
6.  Selalu memeriksa web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data di
     lokal aplikasi dengan di data yang diterima di server KEMDIKBUD.
7.  Pastikan data = fakta tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengan
     dinamika data yang ada di sekolah.
8.  jika berpindah-pindah computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill lama akan
     hilang dengan sendirinya setelah di registrasi (jangan dikoleksi/disimpan)
9.  Validasi di aplikasi tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untuk
     menjamin kualitas data sekolah anda lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
10.  Koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan sinkronisasi,
11.  Manfaatkan prosedur tambah peserta didik secara ONLINE (baca penjelasan) agar
      memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal)

Penjelasan :
A.  Uninstall versi 3.03 dan install aplikasi versi 4.00
1.  Lakukan uninstall aplikasi versi 3.03
2.  install aplikasi 4.00
3.  registrasi dengan menggunakan koderegistrasi , gunakan email aktif untuk didaftarkan sebagai
     pengguna dapodik, email ini akan digunakan pengguna di aplikasi-aplikasi pemanfaatan data
     dapodik
4.  klik icon/shortcut dapodik atau buka browser lalu ketik http://localhost:8080
5.  aplikasi dapodik akan terbuka
6.  tekan ctrl+f5 untuk memastikan penyegaran aplikasi sesuai dengan aplikasi yang baru , aplikasi
     dapodik versi 4.00 akan muncul

B.  Generate ulang prefill
1.  Lakukan generate ulang prefill di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik tunggu
     beberapa saat sampai dengan muncul unduhan file prefill nya
2.  Unduh prefill pastikan namanya tidak mengandung duplikasi (1) / (2)
3.  Buat folder di c:/ dengan nama “prefill_dapodik, letakkan file tersbut di direktori
     c:/prefill_dapodik
4.  Pastikan nama prefill nya tidak ada duplikat copy yang berakhiran (…(angka)) contoh salah :
    


C.  Registrasi dan login
1.  Buka aplikasi dan pilih tombol registrasi , lengkapi form isian registrasi, pastikan email yang
     diinputkan aktif dan password yang aman , karena username dan password ini akan digunakan
     untuk akses login ke aplikasi-aplikasi pemanfaatan dapodik
2.  Masukkan koderegistrasi yang sesuai , kllik login
3.  Tahapan ini dapat bekerja secara online maupun offline

D.  Luluskan PD tingkat akhir dan naikkan kelas PD
1.  Tahap pertama perhatikan kelengkapan datanya, data yang akan muncul adalah data tahun
     ajaran sebelumnya terakhir operator melakukan sinkronisasi, pastikan sesuai dan lengkap sesuai
     sinkronisasi terakhir tahun ajaran lama.
2.  Buka masing masing tab, Sekolah – prarasana – Peserta Didik – PTK –Rombel.
3.  Rombel tahun lalu Nampak “hilang” tersembunyi karena terdaftar sebagai “histori”
4.  Buka tabel rombel, klik fitur action menu luluskan PD tingkat akhir secara kolektif (bersamaan)
     dengan menggunakan fitur tersebut.

5.  Fitur ini akan mengeluarkan peserta didik kelas ahir secara bersamaan/kolektif per rombel.
     Lakukan untuk seluruh rombel tingkat akhir. Lengkapi isian tanggal keluar/ lulus dan tuliskan
     alasan “lulus”

6.  Jika ada anak yang tidak lulus, fitur tersebut masih tetap dapat digunakan, caranya buka tabel PD
     keluar – cari anak tersebut –batalkan . kemudian peserta didik tinggal kelas akan muncul kembali
     di tabel PD. Masukkan PD tinggal kelas tersebut kedalam rombel dengan status tinggal kelas.
7.  Lakukan hal ini, untuk semua rombel tingkat akhir
8.  Naikkan secara kolektif peserta didik lainnya , dengan fitur action menu – kenaikan kelas dengan
    catatan kelompok romebl peserta didik nya tidak diacak. Jika diacak, jangan gunakan fitur ini tapi
    gunakan metode tambah rombel baru seperti biasa.

E.  Tambah PD/peserta didik baru
1.  Jika prosedur kenaikan dan kelulusan selesai kita beranjak ke peserta didik baru. Tambah
     peserta didik baru di bagi 2 metode : OFFLINE (lewat aplikasi dapodik) dan ONLINE lewat           aplikasi web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
2.  Metode OFFLINE menggunakan applikasi dapodik seperti biasa, sama dengan cara sebelumnya.
3.  Metode ONLINE menggunakan web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. tujuan metode ini agar
     peserta didik baru tidak perlu input ulang dari awal lagi, dengan cara mencari peserta didik baru
     tersbut di sekolah lamanya.
4.  Motode ini berlaku dengan beberapa persyaratan dan tahapan:
   -  Hanya digunakan untuk peserta didik SMP kelas 7 (peserta didik baru) atau mutasi
   -  Sekolah lama PD tersebut sudah di keluarkan dari sekolah lama (lulus/mutasi)
   -  Hanya dilakukan dengan cara full online (lewat website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id)
   -  Cari sekolah lama  prop-kab-kota-kec-nama sekolah, lalu lakukan pencarian peserta didik
       berdasarkan nama atau NISN,
   -  PASTIKAN peserta didik yang di temukan adalah benar periksa detil peserta didik agar
       menjamin peserta didik tersebut yang di maksud sebelum di lakukan perintah
       pindah/masuk ke sekolah anda.
    -  Setelah di eksekusi lewat web tersebut (sampai dengan tahap konfirmasi), lakukan sync di
       aplikasi agar dapat menurunkan peserta didik yang dimaksud. Secara otomatis peserta didik
       yang dipindahkan secara online akan turun semua ke aplikasi.
    -  Periksa kelengkapan atribut data peserta didik baru tersebut jika ada yang kurang segera
       lengkapi.
    -  Lakukan mapping ke dalam rombel sesuai dengan tingkatnya.
    -  Lakukan sync untuk mengupdate data peserta didik baru tersebut.
    -  Periksa hasil sync terakhir di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, pastikan isi data di web
       sudah sesuai dan lengkap sesuai dengan di aplikasi dapodik sekolah.
5.  Setelah prosedur PD Baru selesai sekarang beralih ke tabel PTK, Lakukan salin penugasan di
     action menu pada tabel PTK. Hal ini untuk menyalin penugasan PTK di tahun sebelumnya
6.  Periksa kelengkapan PTK, mapping ulang penugasan PTK di pembelajaran di tabel ROMBEL
     sesuai dengan SK pembagian tugas mengajar oleh KEPSEK.
7.  Periksa kelengkapan tabel prasarana dan sarana jika ada yang kurang segera lengkapi
 
F.  Pastikan Validasi 0
1.  Validasi  dalam  aplikasi  dapodik  ini  tidak  mencegah  pengiriman  data  tapi  bertujuan  untuk
     menjamin data invalid masuk ke server pada saat sinkronisasi online.
2.  Untuk menjamin validitas data sekolah, anda pastikan validasi = 0

G.  Sinkronisasi
1.  Jika  pengguna  sudah  terkoneksi  internet,  maka akan  terlihat  tampilan  [Koneksi  Anda  dengan
Internet  : CONNECTED]  berwarna hijau, namun jika pengguna tidak terkoneksi internet maka
tampilan yang  akan telihat adalah [Koneksi Anda dengan Internet:  DISCONNECTED] berwarna
merah.
Secara rinci Prosedur tambah peserta didik baru kelas 7 SMP dan mutasi (SD / SMP)
Prosedur Mutasi
Dari halaman utama pilih icon titik tiga (kanan atas). Pilih menu “Login Operator Sekolah”


 Masuk ke halaman login dan gunakan login aplikasi dapodik sekolah


Akan tampil tampilan utama profil sekolah, kemudian pilih “Mutasi Peserta Didik” (kiri bawah)


Selanjutnya tampilan apliksi mutasi, pada bagian “Sekolah Asal” pilih Propinsi, Kabupaten/Kota,
Kecamatan dan nama “Sekolah” tempat peserta didik yang akan dipindahkan.
Selanjutnya masukin beberapa parameter data peserta didik yaitu NISN, Nama Peserta Didik, Nama
Ibu Kandung bisa mengisi salah satu atau beberapa (tidak boleh dikosongkan). Selanjutnya pilih “Cari Peserta Didik”;


Peserta didik yang ditemukan selanjutnya klik tombol pilih untuk melakukan proses mutasi.

Peserta didik yang sudah dilakukan mutasi akan tampil pada bagian “Konfirmasi”, apabila dilakukan
pembatalan klik tombol “Batal” pada bagian kolom batal.
Apabila sudah benar selanjutnya untuk melakukan eksekusi mutasi klik tombol “Konfirmasi”.